Selamat Datang di Web Portal Komunitas Donor Darah Indonesia Daftarkan alamat email anda dan dapatkan update berita terbaru melalui newsletter kami




Informasi Penyakit

Cantengan

Editor : Rr. Anne Marie Heidija

Dibaca 30 kali

Cantengan adalah kondisi yang mana sudut ujung jari menjadi bengkak, sakit, dan berwarna kemerahan, akibat pertumbuhan sisi kuku yang menjorok ke dalam sehingga melukai kulit. Kondisi ini sering dialami oleh jempol kaki.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan sisi kuku tumbuh ke dalam kulit, di antaranya akibat sering mengenakan kaos kaki atau sepatu yang sempit, memotong kuku terlalu pendek atau tidak rapi memotong sisi kuku, secara alami memang memiliki kuku yang melengkung ke dalam, dan karena cedera.

Gejala cantengan

Selain bengkak, rasa nyeri, dan kemerahan pada sudut ujung jari, gejala cantengan lainnya adalah penumpukan cairan (edema) dan keluar nanah. Luka ini dapat terinfeksi. Kulit di sekitar area yang tertusuk dapat mengalami peradangan dan tumbuh secara tidak normal.

Biasanya rasa sakit akan menjadi-jadi apabila jari yang cantengan tersentuh atau tertekan sesuatu.

Penanganan Cantengan di Rumah

Untuk mencegah terjadinya infeksi pada jari yang mengalami cantengan atau mencegahnya menjadi lebih parah, ada langkah-langkah perawatan yang tepat, seperti menjaga kebersihan kulit dengan rutin mencucinya dengan air hangat dan sabun. Lakukan hal ini empat kali sehari, masing-masing selama sekitar 20 menit.

Cobalah untuk menjauhkan sisi kulit dari tancapan kuku dengan bantuan cotton bud. Atau jika perlu, ganjal celah di antara kulit dan kuku dengan kapas agar membantu kuku tumbuh di atas kulit. Metode ini bisa terasa menyakitkan, maka dari itu, Anda harus melakukannya secara perlahan dan dibantu dengan minyak zaitun.

Cara lain untuk menghentikan tekanan kuku pada kulit adalah dengan memotong kuku yang menancap secara lurus. Selain itu, kenakan sepatu dan kaos kaki yang nyaman dan pas sehingga tidak menekan kulit, dan begitu pula dengan mengganti kaos kaki secara rutin.

Anda bisa mengonsumsi obat-obatan pereda rasa sakit, seperti ibuprofen dan acetaminophen, sesuai dengan usia, dosis, dan petunjuk yang tertera pada kemasan.

Anda juga bisa mengoleskan krim antibiotik pada jari yang cantengan untuk mencegah infeksi. Setelah diolesi antibiotik, Anda bisa menutupi jari yang sakit menggunakan perban kasa.

Penanganan Cantengan oleh Dokter

Temuilah dokter jika cantengan yang Anda alami menunjukkan tanda-tanda infeksi, seperti keluar nanah, pendarahan, atau inflamasi parah. Terlebih lagi jika Anda seorang penderita diabetes, kunjungan ke dokter sangat diperlukan mengingat kondisi diabetes Anda dapat berdampak kepada proses penyembuhan luka.

Pada kasus cantengan yang parah, biasanya dokter akan menempuh jalan operasi pencabutan kuku. Operasi ini terbagi menjadi dua, yaitu operasi pencabutan sebagian kuku dan operasi pencabutan seluruh kuku.

Pemilihan operasi pencabutan kuku akan didasarkan kepada tingkat keparahan cantengan, misalnya apabila kuku sudah sangat tebal dan menekan kulit di sekitarnya. Kondisi semacam ini membutuhkan operasi pencabutan seluruh kuku.

Pencegahan Cantengan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah cantengan, di antaranya:

  • Jangan memotong kuku secara melengkung mengikuti lengkungan ujung jari. Potonglah kuku secara lurus.
  • Jangan memotong kuku terlalu pendek.
  • Singkirkan kulit-kulit keras atau kulit mati di sekitar kuku dengan menggunakan kikir khusus kuku atau batu apung.
  • Gunakan kaos kaki atau sepatu yang nyaman dan tidak menekan jari kaki.
  • Jagalah selalu kebersihan kaki dan gunakan pelembap.
  • Jika perlu, kunjungilah dokter secara rutin untuk memeriksakan kesehatan kaki Anda.

Informasi Penyakit



BACA JUGA



BERITA TERKAIT