Selamat Datang di Web Portal Komunitas Donor Darah Indonesia Daftarkan alamat email anda dan dapatkan update berita terbaru melalui newsletter kami




Informasi Obat

Povidone Iodine

Editor : Rr. Anne Marie Heidija

Dibaca 47 kali

Povidone iodine atau yang juga dikenal sebagai betadin adalah salah satu senyawa kimia yang digunakan dalam pembuatan antiseptik. Sebagai antiseptik, povidone iodine dapat digunakan untuk membersihkan serta mencegah infeksi pada luka di kulit hingga vagina. Obat ini juga berguna sebagai disinfeksi pada luka bakar, serta efektif mengatasi serangan jamur, bakteri penyebab radang tenggorokan, dan virus tertentu, termasuk HIV dan herpes simplex.

Antiseptik ini biasanya dioleskan langsung ke bagian tubuh yang luka, namun tersedia juga dalam bentuk semprot, salep, obat kumur, dan sejenis tisu basah atau swab yang dioleskan pada jaringan dalam atau kulit sebelum dan sesudah pembedahan pada prosedur operasi atau pengambilan darah.

Povidone iodine tersedia dalam beberapa merek dan beberapa di antaranya memerlukan resep dokter.

Peringatan:

  • Wanita merencanakan kehamilan, hamil atau menyusui dan anak-anak disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat ini.
  • Penderita yang memiliki masalah dengan ginjal, kelebihan hormon tiroid atau hypertiroidisme, dan memiliki reaksi alergi terhadap yodium sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat ini
  • Penggunaan povidone iodine bersamaan dengan obat lain seperti lithium akan memerlukan konsultasi medis dengan dokter karena potensi interaksi antara obat.
  • Hubungi dokter jika timbul iritasi atau reaksi alergi.

Dosis Povidone Iodine

Dosis povidone iodine diberikan dalam jumlah yang berbeda-beda, dilihat dari kondisi pasien.

Untuk mengobati radang tenggorokan, povidone iodine dapat disemprotkan 2-3 kali pada tenggorokan dan dapat diulang hingga beberapa kali. Sebagai obat kumur pencegah infeksi dan inflamasi pada rongga mulut, povidone iodine dapat dikumur selama 30 detik dengan selang waktu 3-4 jam dalam satu hari. Gunakan povidone iodine secukupnya saat Anda membersihkan luka. Penggunaannya hanya pada area yang membutuhkan dan selama jangka waktu yang diperlukan saja. Untuk menghilangkan gatal dan aroma tidak sedap pada vagina, campurkan povidone iodine dengan air sebelum digunakan.

Menggunakan Povidone Iodine dengan Benar

Selalu perhatikan keterangan pada kemasan dan selalu ikuti takaran yang telah dianjurkan dokter sebelum mengonsumsi obat ini. Pastikan dokter tahu tentang alergi Anda atau jika Anda sedang menggunakan obat lain dalam waktu bersamaan. Walau povidone iodine juga dapat diperoleh secara bebas pada toko obat atau apotik, jangan menggunakan povidone iodine secara berlebihan dan dalam jangka waktu panjang tanpa sepengetahuan dokter anda.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Povidone Iodine

Povidone iodine berpotensi menimbulkan efek samping. Pada obat semprot, povidone iodine dapat menyebabkan reaksi berupa rasa panas, mual, dan iritasi pada mulut.  Efek samping lainnya yang bisa muncul adalah iritasi lokal, kemerahan hingga bengkak yang muncul di sekitar area yang diaplikasikan obat ini. Penderita hipertiroidisme yang menjalani perawatan menggunakan yodium, atau radioiodine, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum menggunakan povidone iodine.

Informasi Obat



BACA JUGA



BERITA TERKAIT