Selamat Datang di Web Portal Komunitas Donor Darah Indonesia Daftarkan alamat email anda dan dapatkan update berita terbaru melalui newsletter kami




Informasi Obat

Desoximetasone

Editor : Rr. Anne Marie Heidija

Dibaca 51 kali

Desoximetasone adalah obat yang umumnya digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit kulit. Obat ini dapat mengurangi pembengkakan, gatal-gatal, kemerahan, dan rasa tidak nyaman yang muncul pada kulit.

Desoximetasone merupakan salah satu golongan obat oles (topikal) kortikosteroid kuat, yang bekerja dengan merangsang zat alami pada kulit untuk mengurangi pembengkakan, kemerahan dan rasa gatal. Obat ini dapat pula diresepkan dokter sebagai bagian dari terapi kombinasi, di mana pasien juga perlu mengonsumsi obat lainnya.

Peringatan:

  • Wanita yang sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil, atau menyusui, dianjurkan berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan desoximetasone.
  • Desoximetasone ini hanya untuk digunakan pada kulit bagian luar dan tidak disarankan untuk dioles pada luka terbuka, kulit inflamasi, mata, wajah, pangkal paha, atau ketiak.
  • Harap berhati-hati bagi yang sedang menderita  gangguan sirkulasi darah, gangguan sistem kekebalan tubuh, diabetes, gangguan fungsi hati, infeksi kulit, luka besar, sindrom Cushing, dan hipertensi intrakranial. Perhatian penggunaannya juga pada para lanjut usia, terutama yang sedang menderita gangguan ginjal, gangguan jantung, atau gangguan fungsi hati karena usia.
  • Hindari untuk menutup bagian kulit yang telah diolesi desoximetasone, kecuali atas anjuran dokter.
  • Sebaiknya tidak digunakan pada bayi dan anak berusia kurang dari 6 tahun.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis (penggunaan jangka waktu lama, atau pengolesan luas dan banyak), segera temui dokter.

Dosis Desoximetasone

Dosis desoximetasone untuk tiap pasien berbeda-beda. Biasanya, dosis ditentukan dokter berdasarkan kondisi penyakit, tingkat keparahan, dan respons tubuh tiap pasien.

Dosis umum pemakaian obat oles desoximetasone adalah 1-2 kali per hari. Jangan menambah atau mengurangi dosis yang tertera pada kemasan atau yang dianjurkan oleh dokter Anda. Menambah dosis tidak akan mempercepat proses penyembuhan, justru akan meningkatkan risiko efek samping yang terjadi.

Pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam menggunakan desoximetasone. Tanyakan pada dokter jika menggunakan obat kulit lain bersamaan dengan desoximetasone, karena beberapa obat-obatan bisa saling memengaruhi.

Sebelum mengoleskan desoximetasone, cuci hingga bersih dan keringkan tangan serta bagian kulit yang akan diolesi. Kemudian oleskan tipis obat ini pada semua bagian kulit yang mengalami gangguan. Jangan menutup bagian kulit yang telah diolesi desoximetasone, kecuali dianjurkan oleh dokter. Disarankan untuk tidak menggunakan desoximetasone dalam waktu yang lama dan pada area kulit yang luas.

Segera cuci dengan air bersih jika desoximetasone mengenai mata, hidung atau mulut. Setelah mengoleskan obat ini, segera bersihkan tangan dengan air hingga bersih.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Desoximetasone

Reaksi orang terhadap sebuah obat berbeda-beda. Beberapa efek samping desoximetasone yang umumnya terjadi adalah:

  • Sensasi perih dan gatal pada kulit.
  • Kulit menjadi kering atau iritasi.
  • Pertumbuhan bulu atau rambut yang tidak diinginkan.
  • Munculnya jerawat.
  • Kemerahan bersisik di sekitar mulut.
  • Pembengkakan atau luka berisi nanah pada bagian dasar bulu di kulit.

 

Informasi Obat



BACA JUGA



BERITA TERKAIT