Selamat Datang di Web Portal Komunitas Donor Darah Indonesia Daftarkan alamat email anda dan dapatkan update berita terbaru melalui newsletter kami




Informasi Obat

Hydroquinone

Editor : Rr. Anne Marie Heidija

Dibaca 49 kali

Hydroquinone adalah obat yang digunakan untuk menangani hiperpigmentasi yang terjadi pada kulit. Hiperpigmentasi adalah penggelapan bagian-bagian kulit yang umumnya terjadi setelah peradangan, misalnya bekas jerawat, bekas luka, atau bintik-bintik cokelat karena pajanan sinar matahari. Selain peradangan, penggelapan kulit ini juga dapat terjadi karena pengaruh hormon pada ibu hamil.

Obat yang menghambat produksi pigmen melanin ini memutihkan dan mencerahkan flek-flek hitam. Proses ini akan menipiskan warna flek sehingga lebih mendekati warna alami kulit. Karena itu, senyawa ini juga sering menjadi salah satu komposisi dalam kosmetik pemutih kulit.

Hydroquinone tersedia dalam berbagai merek dan dapat dibeli secara bebas, namun ada beberapa merek yang memerlukan resep dokter. Merek yang harus digunakan dengan resep dokter adalah produk dengan kandungan hydroquinone yang lebih tinggi.

Peringatan:

  • Wanita hamil atau menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan hydroquinone.
  • Remaja di bawah 12 tahun sebaiknya tidak menggunakan hydroquinone.
  • Jangan dioleskan pada luka terbuka atau di sekitar mata.
  • Hindari pajanan matahari pada bagian yang diolesi hydroquinone.
  • Hubungi dokter jika kondisi Anda tidak kunjung membaik atau bertambah parah setelah menggunakan hydroquinone selama dua bulan.
  • Harap berhati-hati bagi yang menderita asma serta penyakit kulit lain seperti eksim atau prosiasis.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter.

Dosis Hydroquinone

Oleskan krim hydroquinone secukupnya, lalu ratakan. Lakukan sebanyak 1-2 kali sehari pada kulit yang mengalami hiperpigmentasi. Frekuensi maksimal pengolesan adalah dua kali sehari. Jika ragu mengenai cara pemakaian dan dosis, tanyakan pada dokter kulit Anda.

Menggunakan Hydroquinone dengan Benar

Gunakan hydroquinone sesuai anjuran dokter atau keterangan pada kemasan. Jika digunakan berlebihan, obat oles ini dapat memicu pemutihan kulit yang tidak diinginkan.

Oleskan hydroquinone secukupnya secara merata pada kulit. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum dan sesudah menggunakan obat ini.

Hydroquinone sebaiknya tidak digunakan pada sekitar mata dan bagian kulit dengan luka terbuka. Jika ini terjadi, segera basuh dengan air sampai bersih.

Bagian kulit yang diolesi hydroquinone akan menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Karena itu, hindari pajanan matahari sebisa mungkin dan jangan lupa untuk menggunakan tabir surya atau pakaian tertutup saat bepergian.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Hydroquinone

Penggunaan hydroquinone umumnya aman namun berpotensi menyebabkan efek samping. Obat jenis oles ini dapat memicu efek samping seperti:

  • Sensasi kesemutan, panas, atau terbakar pada kulit.
  • Kulit mengalami iritasi, kemerahan, atau kering.

Segera hentikan pemakaian obat dan temui dokter jika Anda mengalami alergi atau efek samping yang berkepanjangan atau bertambah parah. Munculnya luka melepuh, kulit pecah-pecah, dan penggelapan kulit yang mirip memar juga harus diwaspadai.

Informasi Obat



BACA JUGA



BERITA TERKAIT