Selamat Datang di Web Portal Komunitas Donor Darah Indonesia Daftarkan alamat email anda dan dapatkan update berita terbaru melalui newsletter kami




Informasi Obat

Gliserol

Editor : Rr. Anne Marie Heidija

Dibaca 48 kali

Gliserol topikal adalah jenis obat emolien yang berguna untuk melembapkan kulit, mencegah kulit kering, kasar dan bersisik, kulit gatal, dan iritasi kulit ringan. Obat ini digunakan dalam mengatasi kulit kering yang terjadi pada beberapa kondisi seperti dermatitis, eksim, dan psoriasis.

Ketika lapisan kulit terluar kekurangan air, pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya kulit kering. Obat jenis emolien atau pelembap berfungsi membentuk lapisan berminyak pada bagian kulit terluar untuk menahan air agar tetap berada di kulit. Gliserol topikal adalah salah satu obat yang berguna untuk menahan air di lapisan kulit terluar. Kondisi ini akan membantu dalam membuang sel kulit mati dan menjadikan kulit lebih lembap dengan mempertahankan air.

Peringatan:

  • Bagi wanita hamil, menyusui, atau yang mencoba memiliki anak, ikuti anjuran dokter tentang pemakaian obat ini.
  • Hentikan penggunaan obat ini jika gejala tidak membaik atau bertambah parah.
  • Harap waspada jika Anda mengalami luka terbuka atau infeksi kulit. Tanyakan pada dokter sebelum menggunakan gliserol topikal.
  • Jika terjadi reaksi alergi, segera temui dokter.

Dosis Gliserol Topikal

Pemakaian umum untuk gliserol topikal adalah sekitar empat hingga enam kali dalam sehari, tapi dosis ini akan disesuaikan dengan tingkat keparahan kondisi kulit . Tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk mengetahui lebih lanjut.

Menggunakan Gliserol Topikal dengan Benar

Pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam menggunakan gliserol topikal. Oleskan obat ini pada daerah kulit yang bermasalah sesuai petunjuk dalam kemasan obat atau anjuran dari dokter.

Periksa pada kemasan obat, daerah mana saja yang tidak boleh terkena produk ini. Misalnya wajah, mata, mulut, kulit yang terluka, iritasi, tergores, atau area kulit yang baru saja dicukur.

Cara pemakaian produk gliserol topikal bisa berbeda-beda. Beberapa produk dari gliserol topikal perlu dikocok sebelum digunakan, ada pula obat gliserol topikal yang harus dicampur dengan air sebelum dioleskan pada area kulit yang bermasalah.

Gunakan obat ini secara teratur. Untuk mengatasi kulit tangan yang kering, Anda disarankan menggunakannya setelah selesai mandi atau ketika area yang bermasalah masih dalam keadaan sedikit basah.

Jika kulit kering yang ada sangat parah, Anda disarankan untuk merendam area kulit yang kering sebelum mengoleskan obat ini. Hindari mandi terlalu sering, mandi air panas, atau mandi dalam waktu lama karena bisa memperparah kondisi kulit yang kering.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Gliserol Topikal

Obat oles ini jarang menyebabkan efek samping. Namun, beberapa efek samping yang berpotensi terjadi adalah:

  • Sensasi rasa terbakar atau menyengat.
  • Kulit menjadi kemerahan.
  • Munculnya reaksi iritasi.

Jika efek samping yang terjadi berkepanjangan atau Anda mengalami reaksi alergi, segera temui dokter atau datangi rumah sakit terdekat.

Informasi Obat



BACA JUGA



BERITA TERKAIT