Selamat Datang di Web Portal Komunitas Donor Darah Indonesia Daftarkan alamat email anda dan dapatkan update berita terbaru melalui newsletter kami




Informasi Obat

Metamizole

Editor : Rr. Anne Marie Heidija

Dibaca 52 kali

Metamizole adalah kelompok obat antiinflamasi nonsteroid yang memiliki fungsi sebagai penghilang rasa sakit, antispasmodic (meredakan kejang otot), dan penurun demam.

Peringatan:

  • Bagi wanita hamil dan menyusui, sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini.
  • Bayi di bawah tiga bulan atau dengan berat badan di bawah 5 kg sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini.
  • Harap berhati-hati dalam mengonsumsi obat ini jika Anda mengalami gangguan hati, ginjal, agranulositosis, kelainan darah, hipersensitif terhadap analgesik, glaukoma, memiliki tekanan darah sistolik di bawah 100 mm Hg.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter.

Dosis Metamizole

Dosis umum mengonsumsi metamizole adalah 500 mg tiap 6-8 jam per hari dengan dosis maksimal harian adalah 2000 mg. Dosis untuk anak-anak diatur sesuai usia dan berat badan anak. Tanyakan kepada dokter untuk mendapatkan informasi lebih jelas.

Mengonsumsi Metamizole dengan Benar

Pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi metamizole. Jangan menambahkan atau mengurangi dosis tanpa izin dokter.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi metamizole, disarankan segera mengonsumsinya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis metamizole pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Metamizole

Reaksi orang terhadap sebuah obat berbeda-beda. Beberapa efek samping yang bisa terjadi akibat metamizole adalah:

  • Mulut kering.
  • Mual dan muntah.
  • Konstipasi.

Jika efek samping yang terjadi terus berkepanjangan, mengganggu aktivitas, atau Anda mengalami reaksi alergi, segera temui dokter atau datangi rumah sakit terdekat.

Informasi Obat



BACA JUGA



BERITA TERKAIT