Selamat Datang di Web Portal Komunitas Donor Darah Indonesia Daftarkan alamat email anda dan dapatkan update berita terbaru melalui newsletter kami




Informasi Obat

Biotin

Editor : Rr. Anne Marie Heidija

Dibaca 54 kali

Biotin yang juga dikenal dengan nama vitamin H adalah jenis vitamin larut air yang memiliki peranan penting bagi metabolisme asam amino dan lemak. Sebagai molekul pembantu, biotin juga berguna dalam pembuatan glukosa dan asam lemak.

Biotin juga dikenal dengan nama vitamin B7 dan digunakan sebagai salah satu bahan campuran pada suplemen pencegah kekurangan biotin. Suplemen ini umumnya diberikan kepada penderita diabetes atau gangguan organ hati. Pada makanan, kandungan biotin dapat ditemukan di dalam sereal, pisang, wortel, ragi, ikan salmon, kembang kol, tepung kedelai, dan hati.

Peringatan:

  • Wanita yang merencanakan kehamilan, sedang hamil, atau menyusui dan anak-anak dapat mengonsumsi obat ini sesuai dengan anjuran
  • Penderita hipoglikemia.
  • Penderita yang memiliki alergi terhadap obat-obatan atau makanan tertentu, bahan pengawet, bahan pewarna, dan hewan.
  • Penderita yang sedang mengonsumsi antibiotik dan antikonvulsan.
  • Penderita yang sedang dalam perawatan lain pada waktu yang sama, termasuk terapi suplemen, pengobatan herba, atau pengobatan pelengkap lainnya.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi atau overdosis saat menggunakan biotin.

Dosis pengobatan dan pemeliharaan biotin dapat berubah sesuai dengan kebutuhan fisik berdasarkan usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, tingkat keparahan, dan respons pasien terhadap obat. Patuhi dosis yang diinstruksikan dokter Anda.

Mengonsumsi Biotin dengan Benar

Biotin sebaiknya diberikan saat perut kosong dan dikonsumsi tiga puluh menit sebelum makan dengan cara menelannya utuh tanpa dikunyah atau dihancurkan. Pada kondisi lainnya, biotin dapat juga diberikan bersama makanan. Ikuti petunjuk penggunaan yang diberikan dokter dan perhatikan takaran serta informasi pada kemasan sebelum Anda mengonsumsi biotin.

Hindari mengonsumsi biotin bersama dengan minuman beralkohol, merokok, atau makanan tertentu karena dapat memicu kondisi akibat interaksi obat atau reaksi alergi. Waspadai juga penggunaan bersama antibiotik karena dapat mengurangi penyebaran biotin ke seluruh tubuh. Obat jenis antikonvulsan juga dapat menambah laju metabolisme dan mengurangi status biotin sehingga perlu diperhatikan penggunannya.

Pasien yang lupa mengonsumsi biotin disarankan untuk segera meminumnya begitu teringat dan jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis biotin pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat. Cegah turunnya kadar biotin dalam tubuh dengan mengikuti anjuran yang telah diberikan. Pasanglah alarm pengingat jika memang diperlukan.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Biotin

Biotin memiliki batas toleransi yang wajar sehingga aman untuk dikonsumsi bahkan pada dosis yang cukup tinggi. Namun demikian, dosis maksimum biotin yang dianggap aman masih belum diketahui sehingga sebaiknya konsultasikan kepada dokter Anda mengenai penggunaan obat ini.

Hingga saat ini belum ada laporan efek samping biotin pada penggunaan dengan dosis wajar. Namun, segera temui dokter jika Anda merasakan gejala-gejala yang Anda curigai berhubungan dengan biotin.

Informasi Obat



BACA JUGA



BERITA TERKAIT