Selamat Datang di Web Portal Komunitas Donor Darah Indonesia Daftarkan alamat email anda dan dapatkan update berita terbaru melalui newsletter kami




Informasi Obat

Asam Ursodeoksikolat

Editor : Rr. Anne Marie Heidija

Dibaca 67 kali

Asam Ursodeoksikolat merupakan zat yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit batu empedu. Batu empedu adalah kondisi yang disebabkan oleh pengerasan atau pengkristalan kolesterol di dalam saluran empedu sehingga orang yang mengalaminya dapat merasakan nyeri perut. Selain rasa nyeri, jika dibiarkan berkepanjangan, penyakit batu empedu bisa menyebabkan komplikasi, seperti radang pankreas (pankreatitis) dan penyakit kuning (jaundice).

Dalam mengatasi batu ginjal, asam ursodeoksikolat bekerja dengan cara mengurangi pelepasan kolesterol dari hati ke dalam empedu dan melarutkan kolesterol sehingga memecahkan batu.

Peringatan:

  • Bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui disarankan untuk tidak mengonsumsi asam ursodeoksikolat kecuali disarankan oleh dokter sebagai tindakan yang perlu dilakukan.
  • Asam ursodeoksilat tidak direkomendasikan untuk diberikan kepada anak-anak.
  • Harap berhati-hati bagi penderita gangguan hati, penyakit yang berhubungan dengan usus (misalnya penyakit Crohns dan kolitis ullseratif), dan penyakit yang berhubungan dengan kandung empedu selain penyakit batu empedu.
  • Harap berhati-hati juga bagi orang yang pernah menjalani prosedur operasi pada usus.
  • Konsultasikan kepada dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat apa pun, terutama obat-obataan golongan pengganti hormon dan kontrasepsi. Jangan menggunakan asam ursodeoksikolat bersamaan dengan obat-obatan lainnya tanpa petunjuk dari dokter. Hal ini dikhawatirkan dapat menyebabkan efek samping yang merugikan.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter.

Dosis Asam Ursodeoksikolat

Dosis yang paling umum untuk pemberian asam ursodeoksikolat adalah 450 sampai 600 mg per hari dan dibagi menjadi dua jadwal konsumsi, yaitu siang dan malam. Asam ursodeoksikolat harus dikonsumsi sesudah makan.

Menggunakan Asam Ursodeoksikolat dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan asam ursodeoksikolat sebelum mulai mengonsumsinya.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi asam ursodeoksikolat pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalisasi efeknya.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi asam ursodeoksikolat, disarankan segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis asam ursodeoksikolat pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Pengobatan batu empedu oleh asam ursodeoksikolat biasanya berlangsung dalam jangka waktu yang lama, maka dari itu jangan menghentikan pengobatan sampai waktu yang ditentukan oleh dokter.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Asam Ursodeoksikolat

Sama seperti obat-obat lain, asam ursodeoksikolat juga berpotensi menyebabkan efek samping. Beberapa efek samping yang umum terjadi setelah mengonsumsi obat ini adalah:

  • Diare
  • Mual
  • Ruam kulit yang terasa gatal (reaksi alergi)

Informasi Obat



BACA JUGA



BERITA TERKAIT