Selamat Datang di Web Portal Komunitas Donor Darah Indonesia Daftarkan alamat email anda dan dapatkan update berita terbaru melalui newsletter kami




Informasi Obat

Asam Traneksamat

Editor : Rr. Anne Marie Heidija

Dibaca 59 kali

Asam traneksamat merupakan golongan obat anti-fibrinolitik. Obat ini dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan pada sejumlah kondisi, misalnya pendarahan pascaoperasi, mimisan, pendarahan akibat menstruasi berlebihan, dan pendarahan pada penderita angio-edema turunan.

Asam traneksamat bekerja dengan cara menghambat pecahnya gumpalan darah sehingga pendarahan tidak terjadi lagi. Obat ini tidak boleh digunakan secara bebas dan harus melalui resep dokter.

Peringatan:

  • Bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui, sesuaikan dosis asam traneksamat dengan anjuran dokter.
  • Harap berhati-hati bagi yang menderita gangguan ginjal dan memiliki gangguan pada pembuluh darah.
  • Harap berhati-hati juga jika pernah mengalami kejang dan pernah terdiagnosis menderita gangguan pembekuan darah yang disebut disseminated intravascular coagulation (DIC).
  • Harap waspada dan hentikan pengobatan jika mengalami gangguan penglihatan warna.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter.

Dosis Asam Traneksamat

Dosis yang direkomendasikan untuk pengobatan awal adalah 1000 mg yang dikonsumsi sebanyak 3 dosis per hari, selama jangka waktu maksimal empat hari. Untuk kasus menstruasi parah, dosis bisa ditingkatkan namun maksimum adalah 4000 mg per hari.

Menggunakan Asam Traneksamat dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan asam traneksamat sebelum mulai menggunakannya.

Telan tablet asam traneksamat dengan bantuan air minum dan jangan menghancurkannya atau mengunyahnya terlebih dahulu. Obat ini dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk menggunakan asam traneksamat secara teratur tiap hari untuk memaksimalisasi efeknya.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi asam traneksamat, disarankan segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Selain itu jangan menggandakan dosis asam traneksamat pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Biasanya Anda akan disarankan dokter untuk rutin memeriksa darah dan kondisi organ hati jika menggunakan asam traneksamat dalam jangka panjang. Selama Anda menjalani pengobatan dengan asam traneksamat, usahakan untuk tetap rutin menemui dokter agar perkembangan kondisi Anda bisa diketahui.

Jika Anda akan menjalani prosedur operasi atau perawatan gigi, beri tahu dokter atau perawat bahwa Anda sedang mengonsumsi asam traneksamat.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Asam Traneksamat

Sama seperti obat-obat lain, asam traneksamat juga berpotensi menyebabkan efek samping. Beberapa efek samping yang umum terjadi setelah mengonsumsi obat anti-fibrinolitik ini adalah:

  • Diare
  • Mual
  • Badan terasa lelah

Jika efek samping berkelanjutan, hubungi dokter Anda.

Informasi Obat



BACA JUGA



BERITA TERKAIT