Selamat Datang di Web Portal Komunitas Donor Darah Indonesia Daftarkan alamat email anda dan dapatkan update berita terbaru melalui newsletter kami




Informasi Obat

Asam Glikolat

Editor : Rr. Anne Marie Heidija

Dibaca 66 kali

Asam glikolat merupakan keluarga dari asam alpha-hydroxy (AHA). Zat ini banyak digunakan oleh dokter spesialis kulit, estetik, dan bedah plastik untuk melakukan pengelupasan kulit (chemical peel). selain itu, zai ini disertakan ke dalam produk-produk kosmetik untuk mengobati jerawat dan papul karena dapat menginterfensi proses keratinisasi pada lapisan luar kulit.

Peringatan:

  • Bagi wanita hamil dan menyusui, sesuaikan pemakaian produk yang mengandung asam glikolat dengan anjuran dokter.
  • Jangan sampai zat ini terhirup, tertelan, atau terkena mata. Apabila terhirup, asam glikolat bisa menyebabkan batuk, nyeri tenggorokan, atau sesak napas. Apabila tertelan, zat ini bisa menimbulkan rasa panas di dalam perut, nyeri perut, syok, bahkan pingsan. Apabila terkena mata, asam glikolat bisa menyebabkan nyeri, kemerahan, dan rasa panas, serta mengganggu penglihatan.
  • Jauhkan produk-produk yang mengandung asam glikolat dari jangkauan anak-anak.
  • Hentikan penggunaan dan segera temui dokter apabila terjadi reaksi alergi pada kulit setelah memakai produk yang mengandung asam glikolat.

Dosis Asam Glikolat

Pada produk-produk perawatan kulit yang umum dijual di pasaran, kandungan asam glikolat umumnya berkisar antara 2-10 persen. Kandungan di atas 10 persen biasa digunakan pada produk pengelupasan kulit.

Menggunakan Asam Glikolat dengan Benar

Baca informasi yang tertera pada kemasan apabila Anda membeli produk-produk asam glikolat yang dijual bebas di pasaran atau ikuti anjuran dokter apabila itu diresepkan.

Agar hasil perawatan kulit maksimal dan terhindar dari efek samping, ikuti aturan pakai yang terlampir di kemasan.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Asam Glikolat

Sama seperti obat-obat lain, penggunaan asam glikolat berpotensi menyebabkan efek samping. Beberapa efek samping yang bisa terjadi setelah menggunakan produk yang mengandung asam glikolat adalah:

  • Kulit menjadi kemerahan.
  • Kulit terasa nyeri.
  • Muncul luka bakar.

Informasi Obat



BACA JUGA



BERITA TERKAIT